Selasa, 28 Mei 2013

HUBUNGAN ANAK DENGAN ORANG TUA


AQIDAH AKHLAK
HUBUNGAN ANAK DENGAN ORANG TUA














NAMA                : SYLVAN RUBAMA
NIM                     : 12711092
DOSEN              : dr. H. Agus Tufiqurrohman, Mkes, Sp.S


FAKULTAS KEDOKTERAN
UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA



HUBUNGAN  DENGAN ORANG TUA

Hubungan saya dengan orang tua saya Alhamdulillah masih baik, dimana orang tua saya selalu memberikan begitu banyak perhatiannya yang membangun semangat saya untuk menjadi anak yang berbakti kepada orang tua.

HUBUNGAN SAYA DENGAN ORANG TUA SAAT INI

Hubungan saya dengan orang tua saat ini masih baik biarpun kami tidak saling bertatap muka, Setiap hari orang tua saya selalu menelpon menanyakan kabar dan apa yang sedang saya lakukan. Biarpun lewat telepon, komunikasi kami tetap berjalan lancer, bahkan curhat masalah kuliah ataupun yang lain saya curahkan pada orangtua saya. Ibu biasanya orang yang biasa saya ajak buat curhat dan bercanda itu karena ibu  memang orang yang lebih mengerti kalau di ajak bercanda. Berbeda dengan bapak, dia orangnya lebih dominan membahas tentang akademik.
            Keakraban ini merupakan anugrah yang luar biasa yang Allah SWT berikan kepada saya, karena saya di lahirkan dari orang tua yang begitu memperhatikan keluarga dan bertanggung jawab dengan anak-anaknya. Kebersamaan ini bisa terjadi  di karenakan oleh kesederhanaan orang tua saya yang lebih mementingkan anak-anaknya dibanding dengan kebutuhannya. Hal inilah yang membuat saya begitu menghormati mereka dan juga sebagai motivasi untuk tidak terjerumus ke hal-hal yang negative.
            Dengan lancarnya komunikasi sepert ini, membuat saya selalu merasa dekat dengan orang tua saya. Nasehat mereka selalu terbayang dan menjadi salah satu pedoman dalam hdup saya. Dimana nasehat mereka adalah “hiduplah dalam kesederhanaan dan lakukan yang terbaik untuk orang yang selalu menyayangmu” . nasehat ini yang saya coba terapkan untuk mencapai kesuksesan untuk mencapai tujuan saya.

HAL YANG HARUS DILAKUKAN SEORANG ANAK DENGAN ORANG TUANYA

            Hal yang wajib dilakukan oleh seorang anak kepada orang tuanya adalah bagaimana seorang anak itu menaati  dan menghormati orang tuanya.
Yang hari ini saya lakukan untuk orang tua Alhamdulillah tidak pernah membuat mereka meneteskan air mata karena sifat dan perilaku saya yang mambuat mereka tidak suka. Dengan selalu berkomunikasi lewat telepon orang tua saya bisa mengetahu apa yang sedang saya lakukan dan saya juga bisa meminta ijin untuk melakukan apa yang saya inginkan, biarpun orang tua saya  kadang melarang apa yang yang ingin saya lakukan. Tapi apa yang orang tua bilang itu untuk kebaikan kita sendiri.


Sesuai dengan ayat dibawah ini:
وَوَصَّيْنَا الإِنسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّه ُُ وَهْناً عَلَى وَهْن ٍوَفِصَالُه ُُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ لِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَيَّ الْمَصِي
Artinya :
Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapanya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu. (QS. 31:14)
Ayat di atas menceritakan betapa besar perjuangan orang tua kita untuk melahirkan dan merawat kita, sampai hari ini kita bisa seperti ini itu tidak jauh dari apa yang telah mereka perjuangkan untuk kita. Dimana orang tua tidak pernah mengeluh dihadapan kita saat mereka susah hanya untuk mewujudkan keinginan kita.
Jadi sadarilah dengan apa yang kita lakukan yang membuat mereka terbebani tanpa mereka mengatakan langsung kalau mereka merasa terbebankan, begitu besar cintanya mereka kepada kita apapun mereka akan lakukan, jadi apa yang bisa kita lakukan untuk mereka?......
sebelum kita menyesal buatlah orang tua kita menjadi orangtua yang beruntung dimana mereka memiliki anak yang bisa mereka banggakan.

HARAPAN SAYA UNTUK ORANG TUA
Harapan saya untuk orang tua saya adalah mudah-mudahan orang tua saya selalu dilimpahkan rahmat dan hidayahnya oleh Allah SWT agar bisa selalu menjaga keluarga dan menyayangi anak-anaknya. Kemudian saya juga memohon ampun atas dosa-dosa yang pernah saya lakukan baik yang sengaja maupun yang tidak disengaja yang menyinggung perasaan mereka, semoga Allah mengabulkanya (amin).















Tidak ada komentar:

Posting Komentar